hit counter

Minggu, 17 Januari 2010

Sejarah Olahraga Layar di Indonesia


Olahraga layar di Indonesia sudah ada sebelum Perang Dunia II, namun kegiatan Yacht Club di Indonesia masih didominasi oleh orang-orang Belanda. Beberapa club diantaranya adalah KONINKLIJKJACHT CLUB Batavia , Medan , Semarang , Surabaya , Makassar dan kota lainnya.

Tahun 1952, terbentuk perkumpulan layar yang dipelopori oleh Mayor Laut Roeseno, WNI keturunan Jerman bersama Laksamana Martadinata, Aziz Saleh, Abdul Munthalib. Sejak itu berkembang perkumpulan layar Putri Hijau Medan, PORAS Surabaya, Andi Matalata Makassar, Balikpapan, Semarang dan kota lainnya. Azis Saleh mempelopori lomba layar "KOPRA RACE" dalam rangka HUT RI 17 Agustus dan Departemen Perhubungan Laut dengan eventnya "ENTRE PORT REGATTA". Tahun 1956, terbentuk organisasi dengan nama Persatuan Olahraga Perairan Indonesia (PEROPI) yang mencakup cabang olahraga Layar, Dayung, Ski Air, Power Boating dan Selam. PEROPI berintikan perkumpulan yang ada diseluruh kota di Indonesia . Umumnya perkumpulan layar di sponsori dan di dukung oleh TNI AL. PEROPI termasuk salah satu organisasi olahraga yang ikut mendirikan KONI Pusat pada tanggal 31 Desember 1966. Ketua Umum PEROPI, Laksamana Soedomo, mengeluarkan surat No. 167/71 tgl. 22 Maret 1977 mengenai peningkatan cabang-cabang PEROPI menjadi induk organisasi yang otonom dan menjadi anggota penuh KONI Pusat. Namun hanya Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia (PSASI) yang dapat berdiri sendiri.

Kongres PEROPI II tahun 1977 mengeluarkan SKEP NO. SK/05/VIII/1977 mensyahkan berdirinya Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PORLASI), Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dan Persatuan Power Boating Indonesia (PERPOBIN). Kongres pertama PORLASI oleh utusan cabang daerah memilih Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PORLASI, Brigjen TNI Soepartono Brotosoehendro (bekas Ketua Cabang Layar PEROPI). Penataan Pengurus Daerah (PENGDA) PORLASI sebagai anggota KONI Daerah adalah syarat mutlak agar PB. PORLASI diakui sebagai anggota KONI Pusat. Pada Sidang Paripurna KONI Pusat ke-9 mengakui berdirinya PORLASI melalui SK No. 1 tahun 1980 tgl. 29 Januari 1980 dan SK KONI Pusat No. 029 tahun 1980 tgl. 15 April 1980 (berlaku surut tanggal 1 April 1980) mengukuhkan PB. PORLASI sebagai anggota KONI Pusat.

Sumber : http://www.indonesiasailing.org/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Sailing Of Borneo @2009 Gallery Template Ajah by ireng_ajah

Supported Free Money Info and Product and Service | Banner code by Code-Code-an

Best view with Mozilla Firefox